Contoh CV ATS Friendly – Ketika melamar pekerjaan, salah satu dokumen penting yang perlu kamu buat adalah CV atau Curriculum Vitae. Tentunya, CV yang kamu buat harus baik dan benar.

Penting untuk kamu mengetahui Contoh CV ATS Friendly dan cara membuat CV yang ATS Friendly, karena beberapa perusahaan hanya menerima CV yang sesuai dengan ATS.

Berikut ini terdapat ulasan Contoh CV ATS Friendly dan tips dalam membuat CV ATS Friendly.

Baca Juga : Contoh Soft Skill dan Hard Skill Pada CV yang Menarik Bagi HRD

Apa itu CV ATS Friendly ?

Ilustrasi CV ATS Friendly
Ilustrasi CV ATS Friendly – Sumber : Istock

CV ATS Friendly adalah Curriculum Vitae yang dirancang untuk lolos melalui sistem penyaringan otomatis yang disebut Applicant Tracking System (ATS). ATS adalah perangkat lunak yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk menyortir dan menilai ribuan lamaran kerja yang mereka terima setiap hari.

Tujuan utama CV ATS Friendly adalah memastikan bahwa CV kamu dapat melewati penyaringan awal yang dilakukan oleh ATS, sehingga dapat sampai ke HRD.

CV ATS Friendly memiliki beberapa ciri khas. Pertama, menggunakan format yang sederhana dan bersih tanpa banyak elemen grafis yang rumit, karena ATS sering kesulitan membaca format yang terlalu kompleks. Kedua, menggunakan font standar seperti Arial, Calibri, atau Times New Roman untuk memastikan keterbacaan.

Ketiga, menyertakan kata kunci yang relevan dengan posisi yang dilamar, karena ATS cenderung mencari kata kunci tertentu yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan. Keempat, menghindari penggunaan tabel atau kolom, karena bisa membingungkan sistem ATS. Terakhir, menyimpan dan mengirimkan CV dalam format yang sesuai, seperti .docx atau .pdf, yang kompatibel dengan kebanyakan ATS.

Dengan membuat CV yang ATS Friendly, kamu meningkatkan peluang CV kamu dilihat oleh HRD, sehingga memperbesar kesempatan untuk mendapatkan panggilan interview.

Lalu bagaimana cara membuat CV ATS Friendly dan seperti apa contoh CV ATS Friendly ?

Cara Membuat CV ATS Friendly

Terdapat banyak platform yang dapat mempermudah kamu dalam membuat CV ATS Friendly, salah satunya adalah BikinCV.

Lalu, apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara membuat CV ATS Friendly yang baik dan benar ? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Terbaru 2024

1. Gunakan Template yang Tidak Terlalu Mencolok

Dalam membuat CV ATS Friendly, penting bagi kamu untuk memilih templat CV yang tidak terlalu mencolok. CV ATS Friendly berbeda dengan CV Kreatif, CV ATS Friendly cenderung menggunakan template CV yang hitam-putih dan menggunakan “Bullet Point” dan “Numbering”.

2. Hindari Penggunaan Elemen – Elemen Tambahan

Ketahuilah bahwa sistem software ATS hanya bisa membaca kata kunci yang ada dalam teks linier saja. Oleh sebab itu, hindarilah menggunakan objek lain seperti tabel, teks box, dan sebagainya. Misalnya, jika kamu memasukkan kompetensi kerja dalam teks box, sistem ATS tidak akan dapat membaca uraian kompetensi kerja tersebut.

3. Gunakan Font yang Formal

Untuk memastikan CV lolos melalui software ATS Friendly, pilihlah font seperti Times New Roman, Arial, Calibri, atau jenis font lain yang umum dipakai dalam dokumen resmi. Selain itu, perhatikan ukuran dan spasi huruf dalam CV kamu. Disarankan menggunakan ukuran font 11 dengan spasi 1.

4. Optimalkan Kata Kunci CV yang Kamu Buat

Kamu perlu membuat CV yang memuat kata kunci sesuai dengan posisi yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu melamar sebagai Analis Data, cantumkan kata kunci yang relevan dengan keterampilan dalam bidang tersebut. Dengan demikian, CV kamu akan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh sistem ATS, sehingga dapat lolos ke tahap seleksi berikutnya.

Contoh CV ATS Friendly 

Berikut adalah contoh template CV yang dapat lolos melalui software ATS atau ATS friendly.

Contoh CV ATS Friendly
Contoh CV ATS Friendly – Sumber : BikinCV

Nah, itulah ulasan tentang Contoh CV ATS Friendly dan Cara Membuatnya.

Semoga Bermanfaat !

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Terbaru