Contoh CV Mahasiswa Magang – Untuk saat ini Mahasiswa diharuskan magang untuk mendapatkan pengalaman di dunia kerja, mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan, dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri.

Magang juga membantu mahasiswa untuk memperluas networking dan meningkatkan peluang karir setelah lulus.

Kamu ingin mendaftar magang sambil kuliah? Tidak perlu bingung lagi, simak beberapa contoh CV magang untuk mahasiswa serta tips membuatnya dalam artikel berikut ini.

Baca Juga : 8 Website Untuk Membuat CV Gratis

Tips Dalam Membuat CV Mahasiswa Magang

Untuk mempermudah kamu dalam membuat CV untuk magang, berikut ini terdapat beberapa tips dalam membuat CV Mahasiswa magang.

1. Sertakan Info Kontak yang Bisa Dihubungi

Mulailah dengan menuliskan nama lengkapmu dan pastikan ukurannya satu atau dua poin lebih besar dari informasi kontak lainnya untuk memudahkan pembaca.

Tidak perlu memberi judul dokumen dengan label CV. Cukup cantumkan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, email, profil LinkedIn, dan nomor telepon yang aktif agar perusahaan dapat menghubungimu jika kamu lolos tahap penyaringan CV untuk program magang. Untuk alamat, tidak perlu mencantumkannya terlalu detail.

2. Menuliskan Deskripsi Diri dalam CV

Buatlah deskripsi singkat mengenai kemampuan dan ketertarikanmu, tidak lebih dari lima kalimat. Tetap singkat dan fokus pada posisi yang kamu lamar.

Dengan menulis profil singkat ini, kamu diharapkan bisa lebih unggul dibandingkan kandidat mahasiswa magang lainnya. Deskripsi diri ini sering disebut “Tentang Saya” pada CV atau career objective.

3. Mencantumkan Pendidikan

Pada umumnya, perusahaan sudah menetapkan minimal kualifikasi pendidikan atau jurusan. Oleh karena itu, kamu perlu mencantumkan pendidikan seperti nama universitas, jurusan, tahun ajaran, dan IPK jika cukup tinggi pada CV mahasiswa magang.

Selain pendidikan formal, sertakan juga pendidikan non-formal yang pernah kamu ikuti, seperti kursus singkat, workshop, pelatihan, les bahasa, bootcamp, dan sebagainya.

Baca Juga : 8 Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

4. Tambahkan Pengalamanmu dalam Organisasi

Pengalaman profesional yang relevan tentu memberikan nilai tambah tersendiri. Namun, jika kamu belum memiliki pengalaman tersebut, pastikan kamu memiliki aktivitas dalam organisasi atau kepanitiaan selama berkuliah. Jelaskan tanggung jawab dan kontribusimu selama berpartisipasi dalam organisasi, kepanitiaan, atau komunitas baik di dalam maupun di luar kampus.
Akan lebih baik jika pengalaman tersebut relevan dengan posisi yang kamu lamar.

5. Jangan Lupa Tulis Prestasi dan Skill Kamu di CV

Dalam bagian pencapaian, masukkan prestasi yang paling kamu banggakan selama berkuliah atau SMA yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Selain itu, sertakan juga soft skills seperti problem-solving, komunikasi, dan keterampilan lainnya yang mendukung kemampuanmu dalam menjalani peran yang diinginkan.

6. Menambahkan Sertifikat Kompetensi

Kamu bisa menambahkan sertifikat yang mendukung keterampilan dan minat yang kamu miliki.
Pastikan sertifikat yang kamu lampirkan relevan dan berkualitas, seperti sertifikat dari kursus online, bootcamp, dan sertifikat keahlian lainnya, bukan sertifikat webinar.

7. Menggunakan Tata Bahasa yang Baik dan Benar

Meskipun terdengar sepele, ini bisa menjadi bumerang jika kamu melewatkannya! Perhatikan penggunaan ejaan dalam CV-mu dan jika menggunakan bahasa Inggris, pastikan grammar-nya benar, seperti penggunaan past tense dan present tense. Jangan sampai ada typo juga, ya!

Contoh CV Mahasiswa Magang di Perusahaan

Setelah kamu mengetahui apa saja tips dalam membuat sebuah CV Mahasiswa magang, berikut ini terdapat Contoh CV Mahasiswa Magang di Perusahaan yang memiliki Template CV yang menarik

Template CV Sanur
Template CV Sanur – Sumber : bikincv.com

Sekian Contoh CV Mahasiswa Magang di Perusahaan. Kini kamu lebih mudah dalam membuat CV lamaran kerja dengan menggunakan template dari BikinCV. Pada BikinCV kamu dapat membuat CV dengan cepat dan praktis karena tersedia banyak fitur yang dapat membantu kamu dalam proses pembuatan CV. Selain itu, di BikinCV juga terdapat banyak template CV menarik yang bisa kamu gunakan. Buruan dicoba !