Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris – Pernahkah kamu membuat lamaran kerja seperti CV dan surat lamaran kerja lainnya? Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya mengapa harus menggunakan surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris.

Salah satu trik untuk membuat surat lamaran kamu terlihat berbeda dan lebih unggul dari pelamar lain adalah dengan menulis surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris. Dengan menulis dalam Bahasa Inggris, perusahaan yang kamu tuju akan menilai kamu sebagai pelamar dengan kemampuan lebih.

Selain itu, kamu akan dianggap memiliki keterampilan tambahan. Menulis surat lamaran dalam Bahasa Inggris sebenarnya tidak sulit. Hampir sama dengan surat lamaran dalam Bahasa Indonesia.

Yang pertama harus diperhatikan adalah identitas diri (memperkenalkan diri) di awal surat. Kemudian, sertakan latar belakang pendidikan yang telah kamu tempuh dan tonjolkan kelebihan yang kamu miliki dalam surat lamaran kerja tersebut.

Nah untuk mempermudah kamu berikut ini terdapat tips dalam membuat surat lamaran kerja dalam bahasa inggris dan contoh surat lamaran kerja bahasa inggris.

Baca Juga : 8 Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Tips Dalam Membuat Surat lamaran Kerja Bahasa Inggris 

Seorang Wanita yang Sedang Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Seorang Wanita yang Sedang Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris – Sumber : Istock
Agar kamu mudah mendapatkan referensi untuk membuat surat lamaran berbahasa Inggris yang baik dan benar, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Gunakan tata bahasa Inggris yang tepat:

Menggunakan bahasa Inggris profesional sangat dianjurkan, tergantung pada jenis perusahaan yang kamu lamar. Pastikan bahasa yang kamu gunakan tidak terlalu kasual dan cek berulang kali untuk memastikan tata bahasa atau grammar yang digunakan sudah benar.

2. Bahasa yang tidak bertele-tele

Menurut majalah Job-Like, surat lamaran bahasa Inggris harus singkat, padat, dan jelas. Fokuslah pada tujuan kamu dan gunakan gaya penulisan yang formal.

3. Data diri

Seperti dalam surat lamaran pada umumnya, data diri sangat penting. Mulailah dengan mencantumkan nama, alamat yang jelas, serta email dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

4. Pengalaman kerja yang relevan

Jika kamu memiliki pengalaman kerja, cantumkan dalam surat lamaran bahasa Inggris. Fokuskan pada pengalaman yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

5. Format huruf

Format huruf sangat penting dalam membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris. Gunakan format huruf seperti Arial, Verdana, atau Times New Roman agar surat lamaran terlihat profesional.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Denpasar, July 03, 2024

Attention To: Human Resource Department
PT. AW Bali Digital
Jl. Sulatrri 186
Jakarta, Indonesia

Dear Sir/Madam,

I have read from your job vacancy advertisement on LinkedIn and found that your company is looking for employees for the “Software Developer” position. I believe the job is fit with my educational background and thus I find myself qualified for the job.

My name is Dika Pratama. I am twenty-five years old and I recently graduated from the Computer Science Department of the University of Indonesia in June this year. I have the qualifications that you want for the job.

Besides the basic knowledge I have from my educational background, I also have strong programming skills and experience in developing web applications. Additionally, I am proficient in English, both spoken and written.

With all the qualifications I mentioned above, I am confident that I can contribute effectively to your company. Here with this letter, I enclose my:

  • Copy of Bachelor Degree (S1) Certificate and Academic Transcript
  • CV (Curriculum Vitae)
  • Recent photograph in size 4×6

I appreciate your attention and I hope I can join your company soon and be a part of it.

Sincerely,

Dika Pratama

Nah itu lah tadi contoh surat lamaran kerja bahasa inggris terbaru.

Semoga Bermanfaat !