Bali adalah destinasi wisata favorit bagi banyak orang. Di daerah ini, terdapat banyak tempat wisata menarik yang patut dikunjungi.

Selain tempat wisatanya, Bali juga menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Jadi, apa saja oleh-oleh khas Bali? Berikut ulasannya !

Baca Juga : 15 Oleh-oleh Khas Bandung Terfavorit dan Terpopuler

Rekomendasi Oleh – Oleh Khas Bali

Dari makanan ringan yang lezat hingga kerajinan tangan yang indah, oleh-oleh khas Bali menawarkan beragam pilihan yang bisa memuaskan selera dan hati para wisatawan.

Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai oleh-oleh apa saja yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan dari pulau dewata ini.

1. Pie Susu Bali 

Pie Susu Bali 
Pie Susu Bali – Sumber : Sonora.id

Pie susu adalah camilan manis yang terdiri dari adonan renyah dengan isian susu kental manis. Pie ini menjadi oleh-oleh favorit karena rasanya yang lezat dan tahan lama.

2. Kopi Kintamani 

Kopi Kintamani
Kopi Kintamani – Sumber : Tribun News

Di Bali terdapat kopi yang dikenal dengan nama Kopi Kintamani. Kopi ini memiliki rasa unik yang berbeda dari kopi lainnya. Jika kamu pecinta kopi, jangan lupa untuk membeli Kopi Kintamani saat berlibur ke Bali.

3. Kain dan Baju Barong Bali 

Kain dan Baju Barong Bali 
Kain dan Baju Barong Bali – Sumber : Tokopedia

Kain dan baju Bali banyak diminati karena bahannya yang sejuk dan motifnya yang indah. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, kamu dapat membeli kain dan baju Bali di pusat oleh-oleh atau pasar tradisional di Bali.

Untuk pilihan yang lebih spesifik, baju barong adalah salah satu oleh-oleh dari Bali yang wajib dibeli. Baju barong bisa ditemukan di tempat penjualan oleh-oleh khas Bali seperti Krisna, Erlangga, atau Pasar Seni Sukawati.

4. Kacang Disco 

Kacang Disco 
Kacang Disco – Sumber : Bukalapak

Kacang Disco adalah camilan yang dibuat dari kacang tanah yang dilapisi adonan tepung tebal. Camilan ini juga sering disebut sebagai kacang kribo karena lapisan tepungnya yang tebal.

Saat dikunyah, kacang ini menghasilkan suara kriuk yang renyah, yang menjadi alasan mengapa camilan ini dikenal sebagai kacang disco.

5. Kerajinan Perak dan Emas 

Kerajinan Perak dan Emas Celuk Bali
Kerajinan Perak dan Emas Celuk Bali – Sumber : Istock

Desa Celuk di Bali terkenal dengan kerajinan peraknya yang indah. Perhiasan dan barang-barang dekoratif dari perak buatan tangan ini sering dijadikan oleh-oleh berharga.

6. Lukisan Bali

Lukisan Bali
Lukisan Bali – Sumber : Tokopedia

Bali dikenal dengan seni lukis  yang indah. Lukisan di Bali menggambarkan budaya dan kehidupan sehari-hari Bali ini sering dibeli sebagai oleh – oleh.

7. Salak Bali 

Salak Bali 
Salak Bali – Sumber : Alodokter

Salak merupakan buah yang mudah dijumpai. Tak hanya itu, variasi buah ini juga sangat banyak. Hampir di setiap daerah memiliki jenis salah yang berbeda. Bali juga memiliki salah yang menjadi ciri khasnya.

Salak Bali menjadi oleh oleh khas Bali yang banyak digemari. Salak dari daerah ini memiliki dua jenis.

Pertama, salak biasa yang rasanya masam dengan tekstur daging buah yang tebal. Kedua, salak gula pasir yang rasanya manis, namun daging buahnya lebih tipis dibandingkan salak biasa.

Baca Juga : 10+ Oleh – Oleh Khas Jakarta, Wajib Banget Untuk Dibeli!

8. Kain Batik Bali 

Kain Batik Bali 
Kain Batik Bali – Sumber : Cove Blog

Batik Bali memiliki motif dan warna yang khas yang berbeda dari batik daerah lain di Indonesia. Kain batik ini sering dijadikan bahan pakaian, selendang, atau hiasan.

9. Kerajinan Manik – Manik 

Kerajinan Manik - Manik 
Kerajinan Manik – Manik – Sumber : baliproducts.com

Jika berlibur ke Bali, jangan lupa membeli kerajinan tangan dari manik-manik. Kerajinan ini biasanya dibentuk menjadi gelang, kalung, cincin, dan lainnya. Kerajinan ini bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga atau teman.

10. Arak Bali

Arak Bali
Arak Bali – Sumber : Travel Kompas

Arak Bali adalah minuman keras tradisional yang terbuat dari fermentasi beras atau tuak kelapa. Minuman ini memiliki rasa yang kuat dan sering dibeli sebagai oleh-oleh khas Bali yang unik.

Masing-masing oleh-oleh ini tidak hanya menjadi simbol keindahan Bali, tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi pulau ini.

Semoga Bermanfaat !

Baca Juga : 25+ Tempat Wisata di Jakarta yang Harus Dikunjungi!